Langsung ke konten utama

Musibah / Bencana Kebakaran Rumah


Kronologis Kejadian Kebakaran Rumah di Tarantang

Sehubungan dengan musibah kebakaran rumah yang dialami oleh Keluarga Fitri Rama Yanti atau yang biasa dipanggil Mima, menimbulkan ketiadaan yang sangat berdampak fatal dalam perekonomian keluarga,

Karena pada hari Sabtu, 25 Januari 2020 sekitar pukul 08.30 WIB sepasang suami isteri tetap berusaha bekerja menjadi buruh harian lepas dengan orang lain, pada saat pagi itu anak dari keluarga tersebut yang pelajar SMK berusaha mandiri untuk memasak tanpa dampingan orang tua dan terlupa mematikan kompor gas sebagai peralatan memasak.

Malang tidak dapat ditolak, rumah yang semi permanen yang dulu pernah mendapatkan bantuan rehab rumah dari Pemerintah Daerah Kabupaten Lima Puluh Kota tersebut terbakar tanpa bisa diselamatkan segala sesuatu barang – barang, yang didapatkan juga dengan berbagai cara membeli cash, mengangsur, berhutang dan segala macam cara halal pun ditempuh.

Pada saat kejadian tersebut, warga masyarakat yang sedang bekerja disawah di sekitar lokasi kejadian tersebut melihat asap besar dari rumah tersebut, memanggil orang – orang yang ada disekitar untuk meminta pertolongan masyarakat, spontan masyarakat yang berada di lokasi berhamburan menuju rumah mencoba memadamkan api yang sudah mulai membesar, memakan dinding rumah yang terbuat dari papan tersebut.

Ada yang mencoba mematikan api dengan menyiram dengan ember memanfaatkan air kolam di samping rumah tersebut dan ada juga yang memutuskan arus listrik dari rumah tetangga sumber listrik rumah tersebut meminta arus listrik untuk penerangan rumah tersebut.

Masyarakat yang ada dan memiliki nomor Perangkat Nagari Tarantang segera menghubungi dan begitu juga Sekretaris Nagari dan Wali Nagari yang telah mendapatkan berita tersebut langsung meluncur ke lokasi serta menghubungi Damkar dan BPBD Lima Puluh Kota.

Seluruh bahan makanan, peralatan dan pakaian baik itu untuk keperluan sehari – hari maupun perlengkapan sekolah anak, tidak dapat diselamatkan.

Selang beberapa waktu disamping masyarakat mencoba memadamkan api yang menghanguskan rumah tersebut, Pihak Damkar Lima Puluh Kota pun datang dengan perlengkapan yang memadai, sehingga api pun bisa dipadamkan sempurna dan pihak Damkar Lima Puluh Kota berhasil dalam tugasnya.

Dalam peristiwa kebakaran tersebut diperkiraan kerugian ± Rp. 100.000.000,- Rupiah.

Sehingga berbagai upaya oleh Pemerintahan Nagari Tarantang, Kecamatan Harau dan Kabupaten Lima Puluh Kota untuk mendapatkan bantuan dalam rangka meringankan beban keluarga korban yang mana terdiri dari :

No.
Nama / NIK
JK
Tgl Lahir
Pekerjaan
1.
Mulyadi
1307050503810001
Laki – laki
01-02-1981
Buruh harian lepas
2.
Fitri Rama Yanti
1307054303820001
Perempuan
26-01-1984
Mengurus rumah tangga
3.
Genta Yolanda Pratama
1307053005030003
Laki – laki
30-05-2003
Pelajar SLTA
4.
Melci Dinda Putri
1307054603050001
Perempuan
06-03-2005
Pelajar Ponpes
5.
Febria Azani

Perempuan
04-02-2013
Pelajar SD


Berdasarkan Peraturan Pemerintah Nomor 21 Tahun 2008 Tentang Penyelenggaraan Penanggulangan Bencana (Lembaran Negara Republik Indonesia Tahun 2008 Nomor 42, Tambahan Lembaran Negara Republik Indonesia Nomor 4282)


Dalam kegiatan Pertolongan pertama kejadian tersebut juga tidak luput bantuan dari Palito Station yang membantu dengan melibatkan PMI Kabupaten Lima Puluh Kota.


Tak Kalah pentingnya Bapak Bupati Lima Puluh Kota Ir. Irfendi Arbi, MP pun datang  memberikan bantuan melalui BPBD Lima Puluh Kota dan Dinas Sosial Kabupaten Lima Puluh Kota.

Pada hari Minggu Tanggal 26 Januari 2020 Keluarga Besar Pondok Pesantren Darul Funun Padang Jopang VII Koto Talago Kecamatan Guguak kabupaten Lima Puluh Kota juga turut prihatin akan musibah tersebut, yang merupakan tempat sekolah salah satu anak perempuan Mulyadi dan Fitri Rama Yanti Tersebut.


Begitu juga pun Pihak Baznas Lima Puluh Kota turut membantu meringankan biaya dan peralatan rumah yang nanti direncanakan dibangun kembali disamping rumah yang terbakar tersebut.


Pihak Kecamatan Harau pun turut membantu dengan sengaja terjun langsung ke lokasi kebakaran yaitu Bapak Camat Harau Andri Yasmen, S. Sos didampingi beberapa staff Kecamatan Harau.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Medan Nan Bapaneh Balai Adat Katian Putuih Tarantang

BALAI ADAT MEDAN NAN BAPANEH KATIAN PUTUIH TARANTANG  1. Balai Adat Bagi orang Minangkabau kata “balai” merupakan homonim yaitu kata yang mengandung arti lebih dari satu. Balai diartikan juga sebagai pasar. Sebagai contoh orang pergi ke balai artinya ke pasar. Tetapi yang kita maksud dengan balai disini, adalah balai adat tempat bersidangnya Penghulu-Penghulu atau pemangku adat untuk membicarakan urusan pemerintahan nagari, menyelesaikan dan menyidangkan perkara dll. M. Rasyid Manggis Dt. Rajo Penghulu membedakan balai atas dua bagian yaitu Medan Nan Bapaneh dan Medan Nan Balinduang.              a. Medan Nan Bapaneh Dalam Medan Nan Bapaneh pengertian balai adalah suatu “Padang” atau tempat yang lapang dipelihara dengan baik. Sekelilingnya atau tempat tertentu diberi batu tempat duduk. Batu ini disusun sedemikian rupa sehingga memenuhi kebutuhan tempat sidang. Adakalanya pada masa dahulu ditanam pohon beringin agar tempat sidang itu menjadi sejuk.  b. Medan Nan Bali

Kegiatan Senam Kader - Kader Nagari Tarantang

Kegiatan Senam yang dilakukan pada pukul 16.00 WIB menjadi kegiatan yang dinanti - nantikan oleh kader - kader Nagari Tarantang. Berikut Ini Manfaat Senam Sehat Untuk Kesehatan Tubuh Menguatkan otot, yang mana dengan kegiatan senam akan bermanfaat untuk tubuh dalam menguatkan jaringan otot.  Memperbaiki keseimbangan fisik, selain bisa membentuk fisik, manfaat senam juga untuk dapat memperbaiki keseimbangan fisik. Merawat kesehatan tulang. Pada saat melakukan gerakan senam, kita akan bertumpu sendiri untuk menopang beban tubuh. Menyehatkan jantung. Senam dilakukan dengan mengikuti alunan musik yang mengiringinya. Ketika lagu berada dalam tempo lambat, maka gerakan senam ikut melambat dan mengandalkan keluwesan tubuh Mengoptimalkan fungsi otak. Otak yang sehat dan berfungsi dengan baik akan meningkatkan daya ingat, fokus, serta mencegah timbulnya penyakit- penyakit kognitif, seperti Alzheimer.